Friday, January 17, 2020

Candi Borobudur Tiadakan Lampion di Malam Tahun Baru

Candi Borobudur Tiadakan Lampion di Malam Tahun Baru

Foto: (Eko Susanto/detikcom)
Magelang - Malam tahun baru di Candi Borobudur kali ini akan sedikit berbeda. Tahun ini Candi Borobudur tiadakan penerbangan lampion.

Untuk perayaan malam tahun baru di Candi Borobudur, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya selalu ditandai dengan menerbangkan lampion. Namun untuk nanti tidak ada penerbangan lampion. Hal ini karena penerbangan lampion mengganggu lingkungan dan membahayakan terhadap jaringan kabel listrik PLN.

Nantinya dalam perayaan malam Tahun Baru bertajuk Borobudur Nite 'The Sound of Spirit Soul' dilangsungkan di Taman Lumbini Candi Borobudur, Selasa (31/12/2019). Dalam acara ini ada pertunjukan musik dari Jogjakarta dan tiket masuk sebesar Rp150.000.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan, untuk malam tahun baru nanti ada pertunjukan musik di Taman Lumbini Candi Borobudur. Kegiatan ini bertajuk Borobudur Nite 'The Sound of Spirit Soul'.

"Malam tahun baru ada pertunjukan musik di Taman Lumbini Candi Borobudur. Dengan mendatangkan artis lokal dari Jogjakarta," kata Putu saat ditemui di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (28/12/2019).



Untuk penerbangan lampion, katanya, pada tahun ini ditiadakan. Hal ini karena pada tahun-tahun lalu penerbangan lampion berdampak pada lingkungan dan jaringan PLN. Untuk itu, PLN memberikan surat peringatan agar tidak menerbangkan lampion.

"Untuk tahun ini, lampion ditiadakan. Karena tahun-tahun yang lalu berdampak kurang bagus terhadap lingkungan dan terutama PLN. Karena waktu 2018 itu, juga ada lampion yang mengganggu di kabel listrik akhirnya padam, merusak trafo. Akhirnya dari PLN memberikan surat peringatan untuk tidak menerbangkan lagi lampion yang bisa berdampak lain lagi," katanya.

0 comments:

Post a Comment